Telkom Memo. Strategi Meningkatkan SCR Telkom

Posted: Desember 8, 2011 in Telekomunikasi Indonesia Di Kisaran Tahun 2000-an

Oleh : H. Gempar Ikka Wijaya

ANALISA BERITA (October 10th, 2003)
Telkom Memo. Strategi Meningkatkan SCR Telkom

CUPLIKAN BERITA
Divre III Gelar Layanan TelkomMemo Dan TeleInfo
((Suara Karya), http://www.telkom.co.id, 10 Oktober 2003 9:31:22 AM)

DESKRIPSI SINGKAT

Dalam waktu dekat pelanggan PT Telkom Divre III Jawa Barat dan Banten akan mendapatkan layanan baru TelkomMemo dan TeleInfo. Kedua layanan ini akan diperoleh secara otomatis tanpa perlu mendaftar atau mengajukan permohonan. Pelanggan tinggal memanfaatkan melalui sambungan telepon tetap (fixed phone) di rumah atau di mana saja.

Layanan TelkomMemo merupakan pengembangan produk/fitur yang mampu digunakan untuk menerima serta menyimpan pesan-pesan penelepon ketika telepon yang dituju sedang digunakan

Dengan demikian, walau telepon yang dituju sedang sibuk, si penelepon tetap dapat melakukan kontak telepon secara tidak langsung dengan meninggalkan pesan pada voice mail box (VMB).

Pesan si penelepon yang direkam pada VMB itu nantinya bisa dibuka atau didengar oleh si penerima dengan terlebih dulu mendial nomor 166. Selanjutnya pesawat telepon akan memandu hingga pesan bisa didengar. Akses ke 166 ini menggunakan pulsa lokal.

“Jadi selain untuk mengoptimalkan penggunaan telepon tetap, TelkomMemo dirancang untuk meredam kekecewaan masyarakat yang gagal melakukan kontak telepon secara langsung,” kata Manager Public Relations Divre III Dodi M Gozali, Kamis kemarin.

TeleInfo adalah jenis layanan yang dirancang untuk menyediakan sejumlah informasi bersifat hiburan dan siraman rohani kepada pelanggan. Sebagai tahap awal, Divre III baru menyediakan tiga nomor yang dapat diakses dalam layanan ini.

Nomor 5301100 untuk telepon si kecil (Poncil), menyediakan cerita (dongeng) bagi anak-anak kecil. Layanan ini dibuat untuk membantu orang tua yang sibuk sehingga tidak sempat mendongeng sebagai pengantar tidur bagi anak-anaknya. Jadi bila orang tua tak ada waktu atau sudah lelah, sehingga tak bisa lagi bercerita, tinggal kontak saja nomor telepon tersebut lalu gagang telepon berikan kepada anak dan dari ujung telepon akan terdengar cerita untuk anak-anak kecil.

Jika anak-anak ingin mendengarkan lagu tinggal putar nomor 5309911. Sedangkan pelanggan yang ingin mendengar atau menyimak fatwa-fatwa dai kondang Aa Gym melalui program Untaian Hikmah silakan pijit nomor telepon 5306767.

DISKUSI ANALISA

Successfull Call Ratio merupakan angka kesuksesan panggil telepon yang menjadi salah satu alat ukur keberhasilan bisnis dari operator telekomunikasi.

Layanan seperti TelomMemo ini adalah salah satucara untuk meningkatkan SCR disamping langkah-langkah perbaikan kinerja jaringan, sentral, routing dan banyak langkah teknis yang lain.

Sayangnya dibeberapa lokasi layanan telkom memo diinstalasi dengan otomatis tanpa ada otorisasidari pelanggan untuk mematikan layanan telkom memo ini. Voice Box yang dipasang di sentral telepon ini akanlangsung aktif tanpa harus dilakukan aktivasi oleh pelanggan.

Divre V Jawa Timur misalnya sempat mendapatkan banyak keluhan dari pelanggan telepon yang justru merasa terganggu dengan keberadaan dari layanan Telkom Memo.

Standar nada panggil yang tadinya ada di kisaran dua puluh nada panggilan telepon turun hanya menjadi lima nada panggilan telepon. Setelah nada panggil keenam secara otomatis panggilan akan masuk ke Telkom memo.

Dari sisi peningkatan SCR, model layanan seperti ini jelas akan langsung meningkatkan angka SCR Telkom. Hal ini juga berarti meningkatnya pendapatan telkom. Akan tetapi di sisi lain Telkom akan cenderung secara potensial dianggap melakukan pembodohan publik untuk keuntungan bisnis. Hak para pemanggil telepon untuk mendapatkan sekitar 20 nada panggil menjadi terpangkas menjadi 5 nada panggil saja. Itupun aktivasinya dilakukan secara otomatis secara sepihak dari PT Telkom.

Dari sisi bisnis langkah Telkom ini akan sangat berpengaruh positif terhadap pendapatan telekomunikasi yang mereka dapatkan. Meski belum ada studi yang teliti tentang hal ini bahkan di lingkungan telekomunikasi sendiri. Akan tetapi dari sisi layanan publik Telkom potensial mendapatkan satu citra yang potensial berkembang negatif.

REKOMENDASI

Pemerintah
———–
Melalui Undang-Undang Perlindungan Konsumen, langkah-langkah bisnis yang cenderung bisa mengundang penilaian kurang fair ini sebaiknya ditinjau kembali. Pemerintah yang berpihak kepada rakyat dan konsumen harus dengan sangat teliti dan fair menegakkan dan membuat regulasi yang bisa mencegak langkah sehalus apapun yang cenderung merugikan publik.

PT Telekomunikasi Indonesia
—————————–
Direkomendasikan untuk melakukan pembelajaran publik serta keterbukaan lebih dari maksud pemberian layanan yang diberikan. Langkah layanan bisnis yang memaksa dan cenderung menguntungkan sepihak, bisa berpengaruh pada citra positif perusahaan.

Analis [ Gempar Ikka Wijaya ] (www.systemicgroup.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s