Pasar Dan Regulasi Layanan CDMA

Posted: Desember 8, 2011 in Telekomunikasi Indonesia Di Kisaran Tahun 2000-an

Oleh :H. Gempar Ikka Wijaya

ANALISA BERITA (October 11th, 2003)
Pasar Dan Regulasi Layanan CDMA

CUPLIKAN BERITA
CDMA Tak Akan Matikan GSM (www.detik.com,10 Oktober 2003 3:29:41 PM)

DESKRIPSI SINGKAT

Teknologi CDMA dinilai tidak akan mematikan GSM. “CDMA merupakan pilihan bagi TDMA (GSM 1800), mereka akan terus bersaing,” jelas Ketua Masyarakat Telematika Indonesia, Komaruddin Sastrakusumah.

Komaruddin melihat CDMA sebagai sebuah potensi teknologi masa depan. Namun, menyoroti masalah hadirnya teknologi baru, seperti CDMA, Komaruddin menyarankan agar regulasi yang ada segera diubah. “Contohnya CDMA yang digunakan Flexi, ini menimbulkan protes karena lisensinya masih telepon tetap, sedangkan produknya sendiri sudah memungkinkan untuk bergerak,” ujar Komaruddin dalam acara Seminar Internasional The Future of Indonesian Technology, Universitas Brawijaya, Malang, Kamis (09/10/03).

Dikatakan Komaruddin, UU No.36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi sudah dianggap tertinggal. Oleh karena itu perlu perubahan agar lebih akomodatif.

CDMA (Code Division Multiple Access) adalah system komunikasi nirkabel yang saat ini digunakan dalam produk telekomunikasi fixed wireless (misalnya, Telkom Flexi dan Esia). Beberapa kalangan sempat menilai, CDMA akan menggantikan teknologi GSM yang saat ini populer.

Menurut Komaruddin, undang-undang yang ada sudah tidak cocok lagi. “Perlu perubahan, untuk mengakomodir perkembangan teknologi,” tegasnya.

Abdul Razak Manan, Staf Ahli Menteri Perhubungan, menyatakan mengubah sebuah Undang-undang sulit untuk dilakukan.

Bagian yang perlu diubah menurutnya adalah masalah lisensi. “Lisensi harus dibuat sedemikian rupa, supaya tidak berbasis teknologi, itu sudah nggak pas lagi,” katanya.

Abdul Razak memahami bahwa ada fakta-fakta demikian. Oleh karena itu, ia menyarankan bahwa perubahan dilakukan bukan pada Undang-Undang tapi pada peraturan-peraturan dibawahnya. “Kalau semuanya dibikin undang-undang, kapan bekerjanya?” tambah Abdul Razak.

DISKUSI ANALISA

Penggelaran layanan CDMA menjadi salah satu layanan teknologi lain yang bisa menjadi alternatif baru bagi para pengguna telekomunikasi. Jika pemberi layanan CDMA dapat lebih jeli melakukan inovasi pemasaran dan bukan semata-mata berorientasi teknologi, CDMA sangat potensial memukul pasar GSM.

Kasus yang sama terjadi ketika GSM pernah memukul telak pasar teknologi berbasis AMPS di Indonesia. Yang terjadi pasar AMPS tidak mati, akan tetapi luas pasar AMPS praktis menjadi mengecil, dan potensial akan tiba pada posisi dimana biaya operasi akan menjadi lebih tinggi dari revenue. Jika hal ini terjadi maka sebuah layanan akan berhenti dengan sendirinya.

Di dunia pasar CDMA masih tergolong kecil dibandingkan dengan GSM. Kekuatan pada security dan juga bandwidht yang cukup bagus senbenarnya bisa menjadi salah satu keuntungan lain yang bisa diambil. Akan tetapi keunggulan teknologi tidak berarti segala-agalanya.

Pada era tahun 1990-an sebuah layanan berbasis CDMA seluler sebenarnya telah coba dilakukan oleh salah satu operator. Akan tetapi bisnia CDMA seluker ini gagal.

Bisnis CDMA dengan basis fixed wireless adalah salah satu hal paling menguntungkan untuk diberikan. Hal initentu berkait dengan waiting list PSTN PT Telkom. Layanan fixed wireless memiliki pasar yang jauh lebih real dari layanan seluler tipe yang lain. Contoh kasus adalah layanan fixed wirelees yang berhasil menarik warga Surabaya sebelun layananan ini dilarang pemerinth

Mengubah perilaku lisensi juga potensial akan tidak tepat sasaran, karena asumsi pasar yang dilirik oleh dua layanan ini juga tidak sama. Jadi mengubah UU juga tidak efektif dalam memberikan layanan yang jauh lebih baik.

REKOMENDASI

Pemerintah perlu membuat inisiatif pembelajaran
terhadap langkah pembangunan inftruntrur

Operaor GS< sdebaiknua segera mempejari langkah pelayanan agar tidak terhubunh dengan rival bisnis yang makin beragam

Analis [ Gempar Ikka Wijaya ] (www.systemicgroup.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s