Menggunakan HAPS Untuk Perlindungan Udara

Posted: Desember 8, 2011 in Telekomunikasi Indonesia Di Kisaran Tahun 2000-an

Oleh : Gempar Ikka Wijaya

ANALISA BERITA (May 13th, 2003)
Menggunakan HAPS Untuk Perlindungan Udara

CUPLIKAN BERITA
Presiden : Indonesia Memerlukan Perlindungan Udara (Kompas : Selasa, 13 Mei 2003)

DESKRIPSI SINGKAT

Di hadapan ratusan karbol Akademi Angkatan Udara (AAU) di Yogyakarta. Presiden Megawati Soekarnoputri menegaskan Indonesia sungguh memerlukan perlindungan udara berkaitan dengan kedudukan geopolitiknya.

鉄eringkali saya mengamati perjalanan hidup bangsa ini dari seluruh angkatan yang kita punya, Angkatan Udara merupakan angkatan terakhir yang kita punyai. Pada waktu zaman Presiden RI yang pertama, yangkebetulan ayahanda saya, seringkali bercerita betapa Indonesia tercinta ini sangat perlu dilindungi secara udara, ・Kata Presiden

Dalam pidato pembekalan kepada seluruh karbol yang berjumlah 442 orang itu berkali-kali Megawati menekankanpentingnya pengetahuan danpemahanan tentang geopolitik.

都aya berharap ilmu geopolitik itu benar-benar diresapkan karena banyak sekali kalangan intelektual yangmendapat kesempatan sekolah ke luar negeri lupa nahwa tanah airnya itu merupakan suatu bentuk negara yang berbeda dengan tempat mereka mendapatkan ilmu,・katanya

適arena itu dalam perjalanan saya ke Rumania, rusia, dan Polandia kita usahakan betul untuk membeli peralatan bagi TNI dan Kepolisian. Kita ketahui peratlatan persenjataan dewasa ini sudah sangat kadaluwarsa, mungkin hanya bisa digunakan dalam waktu lima tahun lagi,・kata Presiden

DISKUSI ANALISA

Peningkayan pertahanan udara sangat berkait erat dengan pemakaian teknologi tinggi. Penggunaan pesawat tempur untuk mengawal wilayah negara adalah salah satu model pengamanan udara yang dilakukan oleh Angkatan Udara.

Pemerintah perlu melakukan kajian teknologi HAPS (High Altitude Platform System) yang saat ini sedang berkembang di lingkungan Teknologi Informasi. Amerika, Jepang, Eropa telah mengembangkan teknologi ini untuk membantu pembangunan akses telekomunikasi, dan menyambut gelar teknologi 3G.

Teknologi HAPS yang menggunakan wahana terbang tanpa awak ini memiliki ketingian operasi di atas jalur pesawat dapat dapat dioperasikan seperti satelit pada ketinggian GSO (orbit geostasioner). Teknologi ini dapat digunakan sebagai wahana untuk memperkuat pertahanan udara Indonesia. Karena di teknologi HAPS ini dapat ditempelkan berbagai perlengkapan pertahan udara. Satu wahana dapat digunakan untuk beragam fungsi. Untuk digunakan sebagai wahana pemantau aktivitas daratan, untuk aktivitas eksploitasi, dan bahkan juga dapat digunakan untuk aktivitas pembangunan infrastruktur menggantikan satelit di orbit yang sangat tinggi.

Dengan kemampuan melakukan pemantauan aktivitas dari udara HPAS ini dapat memberikan kemampuan tambahan bagi AU untuk memantau pergerakan gerakan-gerakan pengacau keamanan misalnya. Gerakan pasukan pengacau seperti ini dapat dipantau dengan tepat dan dapat membantu kegiatan yang dilakukan oleh Angkatan Udara jauh lebih efektif dibandingkan dengan yang dilakukan oleh pesawat tempur, atau pesawat mata-mata.

Selaian kemampuan yang sangat tinggi HAPS juga membutuhkan dana pengoperasian yang tidak terlalu mahal dibandingkan dengan dengan dana pengoprasian perangkat perang teknologi tinggi lain.

REKOMENDASI

Pemerintah sebaiknya melakukan kajian pertahan udara lebih serius dengan melibatkan asosiasi prefessional yang mengerti benar tentang teknologi ini. Seperti ASSI (Asosiasi Satelit) yang memiliki kemampuan mengoperasikan dan mengembangkan teknologi ini untuk pertahanan udara

Analis [ Gempar Ikka Wijaya ] http://www.systemicgroup.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s