KERJASAMA INTERKONEKSI ANTAR OPERATOR DI ACEH

Posted: Desember 8, 2011 in Telekomunikasi Indonesia Di Kisaran Tahun 2000-an

Oleh H. Gempar Ikka Wijaya

ANALISA BERITA (May 23rd, 2003)
KERJASAMA INTERKONEKSI ANTAR OPERATOR DI ACEH

CUPLIKAN BERITA
Running Text Indosiar 23.00, 22 Mei 2003

DESKRIPSI SINGKAT

Satu stasiun Relay Telkom di Lamno Aceh Barat dibakar orang tak dikenal pukul 17.00 Banda Aceh dan Aceh Barat tak bisa berhubungan. Aceh Selatan terputus sebagian.

DISKUSI ANALISA

Kondisi darurat di Aceh Darussalam sebaiknya membuat operator telekomunikasi mulai melakukan pembenahan layanan telekomunikasi. Mode operasi layanan normal sebaiknya segera ditinggalkan. Hal ini untuk menghindari terputusnya saluran telekomunikasi seperti yang terjadi.

Dalam kondisi perang dan kerawanan social yang sangat tinggi seperti di Aceh saluran telekomunikasi bisa menjadi sasaran yang paling optimal untukdiserang dan dirusak oleh gerakan separatis melawan pemerintah. Untuk ini sebaiknya pemerintah melakukan langkah pengamanan lebih pada kegiatan layanan operator telekomunikasi di Aceh. Beberapa operator lain diluar Telkom sebaiknay dihimbau oleh pemerintah untuk melakukan operasi interkoneksi khusus yang akan membantu proses layanan yang lebih baik kepada masyarakat.

Putusnya jaringan telekomunikasi bisa membuat kondisi di Aceh sesuai dengan keinginan dari gerakan separatis. Putusnya jaringan telekomunikasi seperti ini sebenarnya tidak perlu terjadi jika operator-operator melakukan langkah-langkah interkoneksi khusus. Jaringan backbone satelit bisa digunakan untuk menjadi alternatif jaringan pengirim trafik telekomunikasi jika kondisi seperti ini terjadi. Untuk inilah kerja sama multi operatr harus dilakukan.

Operator seperti PSN misalnya harus bisa menjadi operator yang memberikan layanan backbone untuk operator lain yang tidak memiliki jaringan backbone langit seperti ini. Sehingga ketergantungan pada ground station menjadi menurun. Jika hal ini tidak dilakukan maka kerusakan memiliki potensial kenaikan. Operator seluler seperti Telkomsel, termasuk Telkom yang beroparsidi Banda Aceh sebaiknya melakukan kerjasama khusus untuk saling mendukung operasional antar mereka.

REKOMENDASI

Pemerintah
Sebaiknya menyerukan pelayanan bersama antar operator untuk mendukung kinerja telekomunikasi dari dan menuju ke Aceh. Skema interkoneksi khusus bisa diberlakukan oleh pemerintah untuk mendukung kinerja operator telekomunikasi yang ada di sana.

Operator
Menghindari pemberian layanan tunggal tanpa melakukan proses saling back up dengan jaringan milik opearator lain.

Analis [ Gempar Ikka Wijaya ] (www.systemicgroup.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s